Atasi Diabetes dengan Buncis

19/10/2012 09:14

Siapa bilang obat untuk penyakit diabetes itu mahal harganya? Jika memang anda mau mencobanya, obat yang murah meriahpun ternyata dapat ditemukan di sekitar anda. Meski murah dan mudah didapat, jangan sepelekan obat penyakit diabetes yang satu ini karena khasiatnya dalam hal menjaga kestabilan gula darah cukup efektif. Obat penyakit gula darah yang dimaksud disini sebenarnya termasuk ke dalam jenis obat herbal mengingat ia berasal dari tanaman yang umumnya dikonsumsi sebagai sayur. Obat diabetes tersebut adalah buncis, si hijau yang biasanya dinikmati sebagai bahan tumisan atau sebagai pelengkap sup. Lalu apa yang membuat buncis menjadi sangat istimewa dalam hal mengatasi penyakit gula darah?

Berdasarkan hasil penelitian seorang mahasiswa pascasarjana Institut Pertanian Bogor, buncis diketahui mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol. Kedua zat tersebut diyakini sebagai antidiabetes yang mampu meningkatkan produksi insulin. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji tikus putih yang memang sengaja dibuat menderita diabetes. Sebelumnya, tikus yang diteliti tersebut telah terlebih dahulu disuntik dengan ekstrak buncis. Hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang sengaja dibuat menderita kencing manis tersebut mampu mengontrol kembali gula darahnya. Bahkan ia tidak menunjukkan gejala hipoglikemia yang biasanya dialami oleh penderita diabetes setelah mengkonsumsi obat diabetes jenis tertentu.

Selain karena kandungan dua zat aktif yang dinilai mampu meningkatkan produksi insulin tersebut, buncis juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Seperti halnya kandungan serat yang ada pada sayuran dan buah pada umumnya, serat yang diperoleh dari buncis dapat membantu meningkatkan fungsi cerna sekaligus menghambat pelepasan  glukosa ke dalam aliran darah. Dengan manfaat ini, maka kadar glukosa dalam darah akan tetap terjaga kestabilannya sehingga resiko untuk mengalami komplikasi akibat kadar glukosa yang fluktuatif akan dapat dikurangi atau bahkan dicegah. Kunjungi obatdiabetesmelitus.net/terapi-alami/jawaban-cara-mengatasi-bahaya-diabetes-sampai-pada-akarnya  untuk info lebih lanjut mengenai komplikasi diabetes.

Hasil penelitian yang dinilai cukup spektakuler tersebut tentunya akan sangat membantu dunia kedokteran dalam hal pengembangan obat diabetes yang bukan hanya dapat mengatasi sumber penyakit, melainkan juga mengurangi resiko hipoglikemia yang biasanya ditimbulkan. Selain itu, hasil penelitian tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi para penderita kencing manis yang tergolong tidak mampu mengingat untuk dapat mengatasi penyakit gula darah yang diderita memang membutuhkan budget lebih. Dengan mengetahui khasiat buncis tadi, maka diharapkan penderita kencing manis yang tidak mampu juga dapat mengupayakan pengobatan untuk penyakit yang dideritanya tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.