Telur, Sarapan Praktis dan Sehat untuk Penderita Diabetes

17/10/2012 14:49

Bosan dengan menu sarapan pagi anda? Mengapa tidak mencoba menggantinya dengan telur? Ya, telur dapat menjadi salah satu alternatif menu sarapan pagi yang tidak hanya praktis tetapi juga sehat, khususnya untuk penderita diabetes. Apalagi mengingat kewajiban penderita untuk selalu mengontrol kadar gula darahnya agar dapat kembali ke nilai normal gula darah. Hal ini nantinya juga akan sangat berhubungan dengan cara mengatasi diabetes mellitus yang memang perlu diawali dengan pemilihan makanan yang tepat.

Berbicara mengenai pemilihan makanan, maka akan lebih baik jika penderita memilih makanan yang kaya akan serat. Makanan tersebut meliputi gandum, beras merah, sayuran, buah dan oat. Dari sini dapat diketahui bahwa ada banyak pilihan menu untuk sarapan pagi anda. Meski demikian, kadangkala anda akan merasa bosan dengan menu yang ada. Karenanya tidak ada salahnya untuk mencoba menu baru asalkan masih tetap sehat dan tidak memiliki efek yang negatif terhadap kestabilan gula darah anda.

Salah satu menu alternatif yang dapat anda pertimbangkan adalah telur. Selain karena praktis dalam hal pengolahan dan penyajian, telur ternyata memiliki banyak nutrisi penting. Salah satunya adalah albumin telur yang dapat menjadi sumber protein yang bebas lemak bagi anda. Protein yang berasal dari telur tersebut dinilai lebih sehat jika dibandingkan dengan protein yang biasa anda peroleh dari daging, khususnya daging merah yang cenderung meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain karena kandungan proteinnya yang dinilai lebih sehat, telur merupakan sumber lemak yang sangat baik bagi tubuh. Lemak baik tersebut nantinya dapat menjadi sumber energi bagi tubuh guna menyokong aktifitas harian yang dilakukannya. Bahkan untuk urusan memenuhi kebutuhan energi harian tersebut, lemak yang diperoleh dari kuning telur dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Paling tidak sampai jam makan siang tiba sehingga akan dapat meminimalisir keinginan anda untuk ngemil.

Meski efek mengemil tidaklah selalu negatif jika makanan yang dikonsumsi tepat jenisnya, akan lebih baik jika anda dapat menghindarinya mengingat adanya kecenderungan bahwa anda akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan instan. Dengan kata lain, memilih mengkonsumsi telur di pagi hari akan dapat memberikan manfaat ganda bagi anda. Agar manfaat tersebut dapat diperoleh secara maksimal, sangat disarankan untuk mengkonsumsi dua butir telur rebus untuk sarapan pagi anda. Klik di sini untuk membaca artikel menarik lainnya, masih dengan topik yang sama.